Top News

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Tubuh



Pexels.com/Ilustrasi foto mengkonsumsi air putih

Air merupakan cairan yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, terutama untuk manusia. Dapat dipungkiri, apabila manusia tidak mengkonsumsi air putih sehingga dapat menyebabkan rasa dehidrasi karena sebagian besar tubuh manusia terdiri dari cairan sebanyak 70%. Nyatanya, asupan air pada manusia harus maksimal agar organ tubuh bekerja dengan baik. Selain itu, air putih memiliki manfaat lainnya yakni menjaga kestabilan tubuh, melancarkan pencernaan, mengatur suhu tubuh, dan membantu mengurangi beban kerja ginjal.

Pitojo dan Purwantoyo (dalam Adi D. Tilong, 2003: 30) berpendapat, setidaknya manusia membutuhkan 2 liter air putih atau setara 8 gelas untuk dikonsumsi setiap hari. Secara geografis, negara Indonesia berada di pengaruh iklim muson yang memiliki dua musim yaitu musim hujan dan kemarau. Maka, mengkonsumsi air putih sangat dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari dan juga sebagai syarat kesehatan tubuh.

Saat ini, masih banyak masyarakat di Indonesia yang tidak memperhatikan kesehatan tubuh mulai dari kebiasaan mengkonsumsi air putih. Mungkin sebagian orang menganggap sepele, namun faktanya air putih menjadi salah satu sumber energi untuk tubuh manusia.  Selain menyebabkan dehidrasi, kita akan merasa kelelahan dalam menjalani aktivitas. Dalam arti, air putih berperan penting bagi kesehatan tubuh manusia. Adapun beberapa manfaat dan langkah kecil yang dapat dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Mari kita simak penjelasan di bawah ini : 


            1. Membagi Waktu

Sebelum memulai aktivitas sehari-hari, biasakan untuk mengkonsumsi air terlebih dahulu. Disarankan, waktu terbaik untuk mengkonsumsi air putih di pagi hari atau saat bangun tidur. Sehingga, kadar air dalam tubuh sudah terpenuhi dengan cukup. Apabila mengkonsumsi air putih secara rutin dapat meningkatkan cara kerja metabolisme pada tubuh. 


            2. Terhindar dari Penyakit

Tanpa disadari saat beraktivitas di luar maupun di dalam ruangan, tubuh dapat kehilangan cairan. Artinya, dengan mengkonsumsi air putih dapat menghindari tubuh kita dari berbagai gejala penyakit. Bahkan, air putih mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dan menjaga kekebalan tubuh dari serangan penyakit.


            3. Menjaga Kesehatan Kulit

Peran air putih juga sangat penting dalam kesehatan dan kecantikan kulit. Sebab, pemicu dehidrasi yang kerap kali terjadi adalah kerutan pada kulit. Jika tubuh kekurangan asupan air maka akan menyebabkan keriput pada usia dini. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi air putih dapat meningkatkan aliran darah di kulit. Apabila dilakukan secara rutin, kulit akan menjadi bersinar dan terlihat lebih muda.


            4. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Menurut dokter umum di Halodoc, Dr. Rizal Fadli, infeksi saluran kemih (ISK) salah satunya disebabkan oleh penyakit kencing darah. Dengan menjaga asupan air putih yang cukup dapat mencegah gangguan kesehatan saluran kemih. Selain mencegah penyakit ISK, air putih juga mampu mengatasi batu yang berukuran kecil pada saluran kandung kemih. Pembuangan sisa makan dari tubuh dapat melalui keringat, urine, dan feses. Maka, dapat disimpulkan bahwa mengkonsumsi air putih akan membantu melancarkan proses pembuangan sisa makanan dan minuman yang ada di dalam tubuh. 


Berdasarkan penjelasan diatas, kita mengetahui bahwa mengkonsumsi air putih secara rutin memiliki manfaat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Tentunya, sangat dianjurkan untuk kita sering mengkonsumsi air putih dengan cukup. Sebab, cairan di dalam tubuh menjadi hal yang menunjang untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila merasa haus, bisa menjadi tanda bahwa tubuh kita sedang kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk menghindari hal tersebut, kita bisa membawa ataupun membeli air putih sebagai persediaan untuk aktivitas sehari-hari.


    Artikel popular ini telah dipubliskasikan oleh Klikwarta.com pada 16 Juli 2023. https://klikwarta.com/manfaat-air-putih-bagi-kesehatan-tubuh

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama