Top News

Ketahui Manfaat dan Dampak Negatif Granola

Pexels.com/Ilustrasi foto granola

Granola sering kali disebut sebagai makanan sehat dengan nutrisi tinggi dan memiliki rasa yang lezat dan cukup serbaguna. Biasanya, sebagian orang yang ingin menggantikan nasi dapat  menggunakan granola untuk disajikan pada saat sarapan.


Namun pertanyaannya, seberapa sehatkah granola? Lalu, apa saja manfaat dan dampak negatifnya untuk tubuh?


Menurut dokter di Aido Health, Dr. Alvin Saputra, granola sebenarnya merupakan kombinasi dari kacang-kacangan, gandum, dan juga pemanis seperti madu atau gula. Tak jarang, ada produk granola yang mana menambahkan buah-buahan kering, selai kacang, dan rempah-rempah.


Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, dalam berbagai jenis produk granola mengandung unsur berikut : 


1. Kalori: 202

2. Protein: 5 g
3. Lemak total: 5,6 g
4. Lemak jenuh: 0,6 g
5. Karbohidrat: 35 g 
6. Serat: 5 g 
7. Gula: 10 g 
8. Natrium: 24 mg
9. Zat besi: 1 g 
10. Magnesium: 58 mg 
11. Kalium: 232 mg

Dengan kandungan diatas, granola memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh diantaranya sebagai berikut : 


            1. Kaya akan Serat dan Juga Mengenyangkan

Banyak produk granola yang memiliki kandungan protein dan serat, sehingga tidak heran kalau akhirnya granola sering kali dikonsumsi untuk sarapan karena sifatnya yang mengenyangkan. Adanya kandungan protein dalam granola juga menyebabkan produksi hormon GLP-1 dan ghrelin menjadi terhambat. Kedua hormon inilah yang bertugas untuk mengatur rasa lapar yang dapat dirasakan. 


            2. Antioksidan

Manfaat granola yang selanjutnya mengurangi peradangan dalam tubuh, karena adanya kandungan antioksidan di dalam granola dan juga dapat melawan radikal bebas. Perlu diketahui bahwa tidak semua produk granola yang mempunyai bahan sama. Produk granola yang memiliki kandungan kelapa serut sampai chia seeds biasa dikenal sebagai sumber antioksidan.


            3. Turunkan Berat Badan

Banyak orang yang meyakini bahwa granola dapat membantu menurunkan berat badan. Granola juga dipercaya bisa menjadi makanan ringan yang sehat dan mengenyangkan. Hal ini karena memang granola mempunyai kandungan kolesterol yang rendah, namun kandungan seratnya tinggi.


4. Menambah Energi Tubuh

Manfaat granola selanjutnya yakni menambah energi tubuh, bukan dalam bentuk gula namun zat mineral mangan. Apa itu mangan? Ialah zat mineral yang memiliki peran penting untuk kesehatan tubuh seperti organ ginjal, hati, dan juga mendukung aktivitas metabolisme tubuh. 


Berdasarkan penjelasan diatas, granola memiliki manfaat yang sangat banyak, namun terdapat risiko yang mungkin terjadi saat mengkonsumsi granola. Beberapa produk granola memiliki kandungan gula, lemak, dan kalori yang tinggi. Hal ini tentu saja bisa berakibat buruk untuk kesehatan tubuh. Lemak yang terdapat di granola adalah minyak kelapa dan minyak sayur.


Apabila mengkonsumsi granola secara berlebihan dalam jangka waktu yang dekat akan meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Tak hanya itu, terdapat juga penyakit berisiko lainnya seperti obesitas, penyakit metabolisme tubuh, dan berat badan yang naik.


Demikian manfaat granola dan dampak negatif granola untuk kesehatan tubuh. Jika ingin mengkonsumsi granola, dengan sebaiknya periksa terlebih dahulu kandungan nutrisi yang ada di dalam produk. Hal ini disarankan sebagai bentuk antisipasi untuk menghindari kesalahan memilih produk granola dan menjaga kesehatan tubuh. 


Sumber :

https://aido.id/health-articles/mari-kenal-lebih-jauh-manfaat-granola-dan-efek-samping-granola-untuk-kesehatan/detail


 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama