Top News

Baru! Pola Makan Diet Sesuai Golongan Darah

Pexels.com/Nathan Colwey

Pola makan diet sesuai golongan darah saat ini sedang menjadi pembicaraan yang viral loh. Karena diet ini memberikan kesehatan secara optimal dan membuat gaya hidup yang lebih sehat. Meskipun sempat kontroversial, di balik pola makan diet sesuai golongan darah dapat memberikan manfaat yang baik untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, pola makan diet sesuai golongan darah diyakini dapat meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko penyakit kronis.


Sebelumnya, perlu diketahui bahwa pola makan diet sesuai golongan darah diungkapkan oleh dokter naturopati bernama Peter J. D’Adamo melalui bukunya yang berjudul Eat Right 4 Your Type: The Individualized Blood Type Diet Solution. Masing-masing dari jenis golongan darah memiliki tiga kategori makanan, yakni makanan bermanfaat, makanan netral, dan makanan yang harus dihindari. Tentunya, pola diet sesuai golongan darah mengharuskan seseorang untuk mengkonsumsi makanan utuh dan meminimalisir makanan olahan. Berikut ini penjelasan tentang pola makan diet sesuai golongan darah. Yuk disimak!


Golongan Darah O


Ilustrasi Golongan Darah O

Pola makan diet untuk golongan darah O dianjurkan untuk mengutamakan makanan kaya akan serat dan tinggi protein alias diet paleo. Makanan yang cocok dikonsumsi untuk golongan darah ini adalah daging sapi, ikan, sayur, dan buah-buahan. Tak seperti dengan golongan darah lainnya, golongan O memiliki pantangan dalam konsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, dan produk yang mengandung susu.


Golongan Darah A


Ilustrasi Golongan Darah A

Cara ideal diet untuk golongan darah A mirip dengan pola makan diet vegetarian. Golongan darah satu ini disarankan untuk memperbanyak makanan laut, ikan, sayur, buah-buahan, tahu, tempe, kacang, dan biji-bijian. Kebalikan dari golongan darah O, makanan yang harus dihindari golongan A adalah mengkonsumsi daging yang dapat menyebabkan terkena penyakit kardiovaskular yakni kelebihan lemak.


Golongan Darah B


Ilustrasi Golongan Darah B


Rekomendasi makanan diet yang cocok untuk golongan B adalah sayuran hijau, telur, daging, dan produk susu low fat. Pola makan diet golongan darah B disarankan untuk mengurangi konsumsi ayam, jagung, tomat, wijen, dan gandum karena akan mempengaruhi berat badan menjadi lebih naik.


Golongan Darah AB


Ilustrasi Golongan Darah AB


Jenis makanan diet untuk golongan darah gabungan yakni AB sebaiknya mengkonsumsi lebih banyak asupan dari makanan laut, tahu, tempe, yogurt, keju, susu, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji - bijian. Pemilik golongan darah AB cenderung memiliki asam lambung yang rendah sehingga dianjurkan untuk menghindari kafein, alkohol, daging asap, daging ayam, jagung, kacang merah, dan biji-bijian.


Terlepas dari golongan darah, pola makan secara seimbang dan teratur akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Itu dia penjelasan mengenai pola makan diet sesuai golongan darah. Kalau kamu golongan darah yang mana nih?



Sumber : 

https://www.halodoc.com/artikel/seberapa-efektif-melakukan-diet-golongan-darah


https://www.klikdokter.com/gaya-hidup/diet-nutrisi/akibat-kelebihan-lemak 


ttps://www.alodokter.com/hati-hati-menerapkan-golongan-darah-o-a-b-ab


https://www.honestdocs.id/diet-golongan-darah-b 

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama