Top News

Cara Merawat Rambut Berwarna Agar Tetap Sehat


metrobeautyacademy.edu

Mengubah warna asli rambut atau hair coloring menjadi suatu hal yang menyenangkan, apalagi jika mendapatkan hasil yang diinginkan. Namun, mempertahankan warna rambut setelah proses coloring tentunya wajib melakukan perawatan yang lebih extra. Rambut yang berwarna memerlukan perawatan dan produk khusus yang sesuai dengan kebutuhan rambut. 

Sering kali terjadi kefatalan setelah proses coloring,  karena tidak memperhatikan cara pemakaian dan perawatan sehingga rambut menjadi rusak. Salah satu solusinya tidak hanya menggunakan shampo saja, harus dilengkapi dengan kondisioner, hair mask, dan lainnya.

Maka penggunaan produk yang tepat sangat penting untuk menjaga warna rambut agar tahan lebih lama dan tetap sehat. Lantas, bagaimana cara merawat rambut berwarna? Simak penjelasan dibawah ini ya!

1. Pilih Produk Khusus Hair Coloring

Pilihlah shampo dan kondisioner yang diformulasikan khusus untuk rambut berwarna. Produk tersebut dirancang dengan ingredients tertentu sehingga aman digunakan pada rambut berwarna. Dengan melakukan langkah ini, dapat mempertahankan warna sekaligus menutrisi helai rambut. Disarankan untuk menggunakan produk yang mengandung formula bebas sulfat untuk mencegah kelunturan warna rambut.

2. Jangan Terlalu Sering Keramas

Melakukan keramas secara berlebihan dapat menyebabkan warna rambut cepat pudar. Cobalah untuk keramas dua hingga tiga kali dalam seminggu, gunakan dry shampoo sebagai pengganti untuk menyegarkan rambut agar tidak terlihat lepek tanpa mengurangi intensitas warna.

3. Bilas Dengan Air Dingin

Setelah keramas dan menggunakan kondisioner, bilas rambut dengan air dingin. Hal ini akan membantu menutup kutikula rambut dan menjaga kelembaban. Hindari untuk memakai air panas saat membilas rambut berwarna, karena akan membuat rambut mudah rusak dan warna rambut menjadi cepat luntur. 

4. Perawatan Deep Conditioning

Perawatan deep conditioning secara rutin memberikan kelembaban yang sangat dibutuhkan pada rambut berwarna dan menjaga kelembutan rambut hingga mencegah kerusakan. Gunakan hair mask, hair oil, serum, dan vitamin yang diformulasikan khusus untuk rambut berwarna.

5. Hindari Penataan Rambut

Penataan rambut yang terlalu panas dapat menyebabkan warna lebih cepat memudar dan merusak rambut. Minimalkan penggunaan alat penata rambut yang panas seperti catokan dan hair dryer serta gunakan hair protect spray sebelum menggunakannya.

6. Rutin Touch Up Warna Rambut

Lakukan jadwal untuk touch up warna rambut secara teratur untuk mempertahankan warna yang diinginkan. Hal ini dapat mencegah warna rambut yang tidak merata, oleh karena itu dengan touch up warna akan menjaga rambut tetap fresh dan shining.

Itulah cara merawat rambut berwarna agar tidak rusak dan tetap sehat. Ingat, langkah perawatan ini akan sangat membantu dan cukup mudah untuk dilakukan ya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Artikel ini telah di publikasikan oleh Popbela.com pada tanggal  12 Desember 2023, https://www.popbela.com/beauty/hair/mila-fitri-chairunisa/cara-merawat-rambut-berwarna-agar-tetap-sehat-dan-berkilau 





Post a Comment

Lebih baru Lebih lama